Organisasi Pemuda Semangut Utara

Organisasi Pemuda Semangut Utara (OPSU) beranggotakan anak muda di Desa Nanga Semangut Utara, Bunut Hulu, Kapuas Hulu

Tribun Pontianak/Istimewa/OPSU
OPSU menggelar Ramadan Berbagi 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, PONTIANAK - Organisasi Pemuda Semangut Utara (OPSU) beranggotakan anak muda di Desa Nanga Semangut Utara, Bunut Hulu, Kapuas Hulu yang menjalankan beberapa agenda sosial kemasyarakatan.

OPSU berdiri pada 10 November 2009 dilatar belakangi gagasan dan pendapat dari berbagai golongan masyarkat yang ingin memekarkan Semangut Utara menjadi sebuah desa.

Kepengurusan OPSU saat menggelar rapat anggota
Kepengurusan OPSU saat menggelar rapat anggota (Tribun Pontianak/Istimewa/OPSU)

Ketua OPSU, Abang Masputra mengatakan sebelumnya Semangut Utara hanya dua buah Dusun yang masih bernaung di desa Nanga Semangut.

Komunitas Craftulistiwa

Hasil mufakat, didapatlah kesepakatan dari berbagai golongan untuk membentuk sebuah Organisasi Pemuda yang bisa menjadi wadah dan memiliki kekuatan hukum untuk membentuk sebuah desa baru yaitu Desa Semangut Utara.

Desa Semangut Utara saat itu dinilai sudah memenuhi kriteria untuk menjadi sebuah desa baik dari segi jumlah penduduk maupun luas wilayah.

Anggota OPSU yang tergabung saat ini kurang lebih 150 orang yang terdiri dari anggota aktif dan non aktif, sedangkan anggota aktif sekitar 50 orang.

Berbagai kegiatan digelar OPSU, mulai kegiatan sosial, budaya, olahraga, keagamaan dan lainnya sesuai dengan bidang masing-masing.

Komunitas Clean the City

Adapun agenda khusus tahunan seperti memperingati hari sumpah pemuda, Hari Kartini, mengadakan kegiatan Perayaan Hari Besar Islam yang diisi dengan perlombaan MTQ tingkat desa, kontes busana muslim, keramaian bola kaki dan volly ball tingkat RT hingga tingkat Desa se-Kabupaten Kapuas Hulu.

Khusus bulan ramadan OPSU mengadakan kegiatan Ramadan Berbagi dan bekerjasama dengan Organisasi Pemuda Nanga Semangut (OPNAS) dan Ikatan Pemuda Mahasiswa Bunut Hulu (IPHKH).

OPSU sudah beberapa kali berganti struktur kepengurusan sebelum diketuai Masputra, Ketua Periode 2009-2011 Abang Sumadi, ketua periode 2011-2013 Ahmat Syafril, dan ketua periode 2013-2015 M Damsit.

Putra berharap kedepan Sumber daya manusia OPSU terus berkembang sehingga bisa melahirkan ide cemerlang dalam memajukan Desa Semangut Utara.

Komunitas Pojok Diskusi

Ikuti kami di
Penulis: Maskartini
Editor: Maskartini
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved