Conduct Metalwork

Produk Conduct Metalworks merupakan brand yang sudah mendunia hasil karya Gusti Aditiarakhman asal Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Penulis: Maskartini
Editor: Maskartini
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Gusti Aditiarakhman saat mengerjakan karya sculpture yang dibuatnya di rumahnya di Komplek Purnama Agung 7 X27, Jalan Purnama, Pontianak, Rabu (25/10/2017) sore. Hasil-hasil karyanya baik berupa sculpture ataupun Handmade Rock 'N Roll Jewelry yaitu Conduct Metalworks mampu menembus pasar internasional. - TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, PONTIANAK -Conduct Metalwork merupakan sub divisi dari U Figure Studio untuk Jewelry. Produk Conduct Metalworks merupakan brand yang sudah mendunia hasil karya Gusti Aditiarakhman asal Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Kecintaannya terhadap action figure dan bakat seni yang ada membawa Alumni Modern School of Design Yogyakarta ini kian dikenal melalui karya-karyanya.

Gusti Aditiarakhman

Owner Conduct Metalworks yang dibuat Gusti Aditiarakhman.TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINI
Owner Conduct Metalworks yang dibuat Gusti Aditiarakhman.TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINI (TRIBUNPONTIANAK/MASKARTINI)

Produk yang buatnya secara ekslusif mampu menembus pasar internasional dengan harga tertinggi mencapai Rp50 juta. Lewat produk conduct metalworks ia mampu menarik perhatian Mike Ficner, seorang petinggi dalam komunitas Bearded Villains. 

Bahkan seorang model dari Suicide Girls Marina Mui atau yang lebih di kenal dengan Voley Suicide juga memesan khusus produk ekslusive Cunduct Metalworks. 

Bebby Nailufa

Setelah Mike mengundang Adit untuk datang ke Chicago dan membuat aksesoris untuk Bearded Villains Adit pun terus berkarya. Anehnya dalam karyanya ia tak mempunyai ambisi seperti banyak orang. 

Conduct Metalwork diakui Adit fokus ke tema handmade RockNRoll Jewelry. Conduct di ambil dari bahasa inggris yang berarti mengantar atau mengalirkan. Filosofi tersebut diambil dari logam sebagai penghantar.

Jelsy Meivira

Conduct Metalwork mulai di publish sejak 2015 karena faktor ketidaksengajaan dalam proses pembelajaran pembuatan mould untuk U Figure Studio. Namun sejak kecil saya sudah mulai rutin membuat 2 dimensi sampai kuliah dan bekerja di bidang 2 dimensi (visual). 

Sekitar tahun 2005 sudah mulai tertarik ke 3 dimensi terutama mainan atau action figure. Seirinh waktu berjalan dan melalui proses belajar akhirnya sekitar tahun 2013/2014, Adit mulai mempelajari logam untuk keperluan U Figure Studio.

Syarifah Salbiah

Sebelumnya diakui Adit memang sudah ada merek-merek ternama dari Bandung yang membuat aksesoris serupa, mereka sudah jauh bergerak terlebih dahulu sejak 2005 dan sudah sangat mendunia. Namun Adit yang tergolong profesional dan menguasai berbagai action figure hingga aksesoris tak pernah sepi job. 

Saat ini, client Conduct Metalwork diakui Adit berada di negara-negara Eropa seperti Spanyol, Jerman, Inggris, dan lainnya. Beberapa negara bagian Amerika, Hongkong, dan Australia.

Peminat produk Conduct Metalwork pada umumnya memiliki minat dalam musik metal, club motor, dark art, collector dan sebagainya.

Conduct Metalwork memiliki produk berupa cincin, alung, Belt Buckle (kepala sabuk), gantungan kunci, dan figurine. Meski 90-an persen produk Adit pangsa pasarnya internasional.

Denia Yuniarti Abdussamad

Produk yang dibuat Adit bersifat ekslusif lantaran sengaja di buat limited edition. Untuk produk Conduct Metalwork dan designer toys ia hanya membuat sekitar 10-50 item. 

Harga yang ditawarkan cenderung terjangkau namun tetap dengan kualitas tinggi. Untuk produk designer toys, Adit menjualnya di kisaran Rp 150,000 hingga Rp 300,000.

Sementara untuk produk conduct metalworks harganya berkisar Rp 650,000 hingga Rp 750,000. Tertinggi produknya bisa dijual dengan harga Rp50 juta untuk skala 1:1.

Respon para penikmat karya kata Adit sangat beragam. Ada yang sangat puas dan ada kurang puas bahkan membandingkan dengan karya dari orang lain. Makanya sampai sekarang pun Adit mengakui ia masih harus banyak belajar.

Indah Marwanto

Namanya handmade ia mengaku tidak ada barang yang persis sama walaupun dengan design yang sama.

Jenis bahan yang digunakan saat ini dalam pembuatan produk adalah Pewter Alloy untuk hasil jadinya. Sedangkan untuk pembuatan master (prototype/purwarupa) dari bahan Polymer Clay atau juga wax.

Untuk 1 unit design diakuinya bisa memakan waktu pengerjaan 2-6 minggu. Kendalanya di Kalbar bahan baku serta alat pembuatan master atau prototype harus di datangkan dari luar Kalimantan, bahkan harus import dari luar negeri jika stock kosong di Indonesia.

Tingkat kesulitan sangat beragam, tidak ada yang sama pada setiap pengerjaan. Semakin  kecil, detil semakin sulit. Namun  besar juga bukan berarti lebih mudah. Saat ini semua produk di produksi di Pontianak di studio sekaligus rumahnya. Hingga saat ini segala sesuatunya masih dikerjakan sendiri. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved