Syarifah Salbiah

Kompol Syarifah Salbiah menjadi anggota Polri yang mendapatkan Polisi Teladan Tingkat Nasional‎

Penulis: Maskartini
Editor: Maskartini
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Kasatlantas Polresta Pontianak, Kompol Syarifah Salbiah,Polisi teladan tingkat nasional peringkat harapan II. - TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, PONTIANAK - Komisaris Polisi (Kompol) Syarifah Salbiah merupakan satu diantara perwira polisi wanita (Polwan) di Polresta Pontianak. Lebih kurang dua tahun 10 bulan, Salbiah sapaan akrabnya tersebut menjabat Kasat Lantas di ibu kota Kalimantan Barat.

Kompol Syarifah Salbiah berhasil menjadi satu diantara 6 anggota Polri yang mendapatkan penghargaan sebagai Polisi Teladan Tingkat Nasional‎ pada Rabu (12/6/2019) di Hotel JS Luwansa Jakarta Selatan.

Kompol Syarifah Salbiah disambut Kapolda Kalbar di Mapolda Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (13/6/2019) sore. Kompol Salbiah merupakan satu-satunya Polwan yang berhasil mendapat predikat Anggota Polri Teladan 2019. - TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Kompol Syarifah Salbiah disambut Kapolda Kalbar di Mapolda Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (13/6/2019) sore. Kompol Salbiah merupakan satu-satunya Polwan yang berhasil mendapat predikat Anggota Polri Teladan 2019. - TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI (TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DESTRIADI YUNAS JUMASANI)

Juara 3 Polmas Tingkat Nasional Tahun 2016 ini dalam kesehariannya memegang teguh moto 'Bermitra Setiap Hari, Berteman Tiada Henti', yang sudah dirinya tanamkan semenjak bergabung di institusi Bhayangkara.

Jelsy Meivira

Sempat ditentang oleh orangtuanya untuk menjadi polisi, Syarifah Salbiah tidak berkecil hati untuk mewujudkan cita-citanya. Terlebih motivasi dan dorongan dari abang kandungnya yang selalu menemaninya latihan agar bisa menjadi polisi.

Hal tersebut membuatnya tetap berusaha meski sempat gagal saat tes calon polisi pertama kali.

Wanita kelahiran Pontianak 20 April 1964 tersebut akhirnya dapat mewujudkan impiannya untuk menjadi polisi setelah lolos di Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan) Ciputat, Jakarta pada tahun 1986.

Jiwa disiplin dalam bertugas di kepolisian yang dimilikinya sudah tampak saat dirinya berusia remaja. Sejak sekolah, dirinya aktif dalam organisasi Pramuka. Bahkan saat sudah menjadi anggota polisi berpangkat Brigadir, dirinya juga aktif sebagai pembina Pramuka.

Ia juga aktif Patroli Keamanan Sekolah (PKS) serta aktif dalam kegiatan-kegiatan yang melibatkan pemuda-pemudi, dirinya ingin putra-putri Kalbar semakin termotivasi menjadi anggota kepolisian.

Lirik Lagu Tundang Corona yang Dinyanyikan Alie Akbar saat Pandemi Covid-19

Meski sibuk berkarir ia tak melupakan perannya. Saat ini, Salbiah memiliki satu anak berusia remaja dari suami tercintanya Syarif Edy. Ia masih tetap aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan di luar tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga dan polisi.

Saat ini Salbiah aktif di berbagai forum kebangsaan dan kerukunan beragama, di PMI Pontianak sebagai Wakil Bidang Bantuan dan Bencana Tingkat Kota Pontianam, juga aktif di tim asistensi penanggulangan HIV dan AIDS, serta aktif di pembinaan dan penyuluhan penyalahgunaan narkoba.

Wanita yang menjadi perwira polisi setelah menempuh pendidikan Sekolah Perwira Polisi (Secapa) di Sukabumi, Jawa Barat pada tahun 2000/2001 aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan di luar tugasnya. Sebagai abdi negara, dirinya tidak melupakan untuk melakukan berbagai terobosan sebagai Kasat Lantas Polresta Pontianak.

Lady Salim

Adapun yang yang sudah ia lakukan selama ini di antaranya seperti Woman Care Day yaitu pelayanan SIM khusus perempuan setiap hari Jumat, Pembentukan Kampung Tertib Berlalu Lintas, Peningkatan Pelayanan SIM Keliling, Pemilihan Duta Lalu Lintas, hingga Save our Student yang menekankan Keselamatan Berlalu Lintas Kepada Anak-anak Sekolah.

Atas kerja keras dan jiwa disiplin yang dipegang teguh olehnya, tak heran Syarifah Salbiah berhasil meraih prestasi membanggakan dengan terpilih menjadi satu di antara peraih predikat Polri Teladan 2019 tingkat Nasional.

Penghargaan yang telah diraihnya tidaklah mudah karena butuh pengabdian, dan terus berbuat nyata tanpa pamrih. Memberikan pelayanan yang tulus kepada masyarakat, dan fokus bekerja dengan memperhatikan arahan dan bimbingan pimpinan.

Salbiah yang sudah 34 tahun mengabdi menjadi anggota kepolisian berharap kedepannya institusi Polri bisa terus menjadi lembaga yang profesional, modern dan terpecaya.

Denia Yuniarti Abdussamad

People

Nama lengkap: Syarifah Salbiah

Tempat lahir: Pontianak 20 April 64

Tanggal lahir: 20 April

Riwayat pendidikan

Halaman selanjutnya

SDN 18 Pontianak Timur

...

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved