Cagar Alam Gunung Nyiut

Cagar Alam Gunung Nyiut merupakan salah satu cagar alam di yang berada di Bengkayang

Cagar Alam Gunung Nyiut
TRIBUNPONTIANAK/DISPORAPAR BENGKAYANG
Cagar Alam Gunung Nyiut, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, PONTIANAK - Cagar Alam Gunung Nyiut merupakan salah satu cagar alam di yang berada di Bengkayang, Kalimantan Barat.

Gunung Nyiut ditunjuk dan ditetapkan berdasarkan SK Dirjen Kehutanan No. 2240/DJ/I/1981 Tanggal 15 Juni 1981 dengan penunjukan sebagai Cagar Alam seluas 140.000 ha.

Berdasarkan SK Menteri Pertanian RI No. 542/Kpts/Um/4/1982 Tgl 21 Januari 1982 Gunung Nyiut mengalami perubahan status sebagai Suaka Margasatwa seluas 180.000 ha.

SK Menteri Kehutanan RI No. 059/Kpts-II/1988 Tgl 29 Februari 1988 Penunjukan sebagai Cagar Alam seluas 124.500 ha.

Patrisia Stepania

Letak Geografis kawasan ini terletak antara 0°45’ 40” - 1° 04’ 12” LU dan 109° 44’ 45” -109° 51’ 24” BT Secara administrasi pemerintahan masuk wilayah Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Landak dan Kabupaten Sanggau.

Keadaan topografi secara umum adalah meliputi daerah yang datar, berbukit, bergelombang, dan kawasan puncak.

Potensi Flora yang menonjol adalah anggrek dan beberapa jenis tumbuhan langka lain seperti Bunga Patma (Rafflesia tuan-mudae).

Pada hutan hujan pegunungan rendah didominasi oleh jenis Dipterocarpaceae dan Euphorbiaceae sedangkan pada hutan hujan pegunungan sedang didominasi oleh Dipterocarpaceae perbukitan.

Potensi Fauna, diantaranya ada beberapa jenis fauna yang dilindungi seperti Beruang Madu (Herlactos malayanus), Kelempiau (Hylobates muelleri muelleri), Orang utan (Pongo pygmaeus), Trenggiling (Manis javanica), Landak (Hysterix branchyura), Napu (Tragulus napu), Rusa Sambar (Cervus unicolor), Burung Ruwai (Argusianus argus), Enggang Badak (Buceros rhinoceros).

Daya tarik lain dari kawasan ini adalah air terjun dan panorama yang indah. Adapun Habitat dan Tipe ekosistem pada kawasan ini adalah tipe hutan dataran rendah, perbukitan dan tipe vegetasi pegunungan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Maskartini
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved