Orlana Devina Siambaton Munthe

Orlana Devina mahasiswi Fakultas Kedokteran, Untan yang terpilih menjadi Duta HIV Kalbar 2019

Orlana Devina Siambaton Munthe
TRIBUNPONTIANAK/ANESH VIDUKA
Duta HIV/AIDS kalimantan Barat Tahun 2019, Orlana Devina Siambaton Munthe 

TRIBUNNEWSWIKI, PONTIANAK - Orlana Devina Siambaton Munthe adalah mahasiswi Fakultas Kedokteran, Universitas Tanjungpura (Untan) yang terpilih menjadi Duta HIV Kalbar 2019 melalui ajang pencarian bakat Duta HIV yang digelar di Untan.

Orlana mencanangkan sarana positif bagi para millenial dalam menciptakan benteng pertahanan dan pemahaman yang baik terkait HIV dan AIDS dan sikap dalam memperlakukan penderita.

Sebagai seorang duta, ia meminta kepada teman-teman sejawat dan khususnya pihak terkait tetap kompak dalam merangkul dan tidak menjudge para ODHA.

Orlana Devina Siambaton Munthe mengatakan tugasnya dan teman-teman sejawat lainnya adalah merangkul para ODHA untuk tetap yakin, bahwa mereka bisa hidup layaknya manusia biasa dan juga memberikan dukungan, baik secara moral agar stigma buruk HIV bisa dihilangkan di masyarakat.

Arief Fadillah

Duta HIV/AIDS Kalimantan Barat Tahun 2019, Orlana Devina Siambaton Munthe
Duta HIV/AIDS Kalimantan Barat Tahun 2019, Orlana Devina Siambaton Munthe (TRIBUNPONTIANAK/ANESH VIDUKA)

Penularan penyakit HIV tidak bisa melalui pelukan dan jabatan tangan atau stigma yang sering muncul di kalangan masyarakat.

Ia mengungkapkan penularan HIV hanya bisa terjadi melalui hubungan seksual, air susu ibu, penggunaan jarum suntik secara bersamaan, dan transfusi darah.

Terpilih sebagai Duta HIV Kalbar, Orlana Devina Siambaton Munthe ternyata memiliki hobi dalam bernyanyi. Gadis tamatan SMAN 1 Pontianak ini juga mengaku awalnya ia adalah seorang yang pemalu.

Relin Megrina Anggia

Kesehariannya sebagai mahasiswa kedokteran pun tidak akan membuat ia lupa bahwa dengan latar belakang tersebut ia bisa belajar dan mengembangkan serta mencari tahu obat-obatan untuk para pengidap HIV.

Ia juga meminta kepada masyarakat dan khususnya anak-anak Milenial agar menghindari tempat-tempat dengan resiko yang berbahaya dan juga untuk tetap menjaga kesehatan diri sendiri, peduli terhadap diri sendiri, dan mengubah pandangan luas terhadap penyakit HIV bahwa yang dijauhi adalah penyakitnya, bukan orangnya.

Profil

Nama : Orlana Devina Siambaton Munthe

Status : Mahasiswi Fakultas Kedokteran,Universitas Tanjungpura

Riwayat Pendidikan :

- SDN 71 Pontianak

- SMPN 3 Pontianak

- SMAN 1 Pontianak

Prestasi:

Duta HIV/AIDS kalimantan Barat Tahun 2019

Ikuti kami di
Penulis: Maskartini
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved