Komunitas Indonesia's Sketchers

Komunitas ini memiliki visi dalam mengembangkan semangat bertutur/bercerita dan berbagi tentang kondisi di sekitar

Penulis: Maskartini
Editor: Maskartini
TRIBUNPONTIANAK/MAUDY GITA UTAMI
Salah satu karya anggota Komunitas Indonesia's Sketchers di Pontianak 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, PONTIANAK - Komunitas Indonesia's Sketchers adalah kumpulan orang yang menyalurkan kesukaan untuk menggambar sketsa, atau lukisan kasar. Sketsa disini terdiri dari garis besar atau rancangan sebuah gambar.

Komunitas ini memiliki visi dalam mengembangkan semangat bertutur/bercerita dan berbagi tentang kondisi di sekitar, melalui sketsa langsung di lokasi. Kehadiran komunitas ini untuk membuka ruang publik yang lebih peka terhadap situasi yang mereka kunjungi.

Berbagi cerita melalui gambar, juga menjadi misinya dalam memasyarakatkan kegiatan menggambar dimasyarakat luas, melalui berbagai kegiatan yang berbasis on location sketching dalam semangat belajar dan pertemanan.

Kata kunci bercerita bagi setiap orang tentulah berbeda. Masing-masing dari komunitas yang kini bergabung lebih dari 50 anggota, ingin menunjukkan potensinya bahwa apa yang dilukis hari ini, tidak akan bisa sama dengan keesokan harinya.

Komunitas Country Lovers Club Khatulistiwa

Menampilkan hasil karya pemandangan sekitar lewat sketsa kini sudah dilakukan oleh komunitas Skesta Pontianak atau dikenal Indonesia's Sketchers (IS).

Mengitari sudut Kota Pontianak dengan seni sketsa memiliki kesan tersendiri bagi para sketchers Pontianak untuk mengapresiasi karya lewat gambar yang bercerita.

Ketua komunitas Nunik Hasriyanti mengaku, bahwa ia bertanggung jawab untuk mengajak anak-anak muda dalam mengapresiasi karya lewat gambar yang bercerita.

"Tidak ada penilaian buruk ketika melihat sketsa orang lain, namun kita sangat mengapresiasi, seberapa besar dia ingin belajar dan terus bisa mengembangkan sketsanya menjadi lebih bagus lagi," ujarnya.

Seiring berjalannya waktu, Nunik mengaku, Komunitas SI Pontianak yang mulai terbentuk dari tahun 2019 itu bisa memberikan warna baru bagi Kota Pontianak, dalam memperkenalkan budaya sekitar hingga ke kancah internasional lewat gambar tersebut.

Bank Pembangunan Daerah Kalbar

Mereka yang juga tergabung di Rumah Komunitas Pontianak (Rumpon) itu bisa berbangga, karena keinginan terbesarnya bisa ikut berkontribusi bagi masyarakat sekitar dan pemerintahan.

Kolaborasi yang dilakukan tidak menutup kemungkinan yang ada, agar kedepannya komunitas Skesta ini bisa mempertahankan budaya sekitar dan memperkuat silaturahmi lewat tangan-tangan para sketchers.

"Tidak ada seseorang yang bisa ahli tanpa memulainya dari awal yang biasa. Dalam komunitas ini, pandai dan tidak pandai dalam menggambar sketsa tidaklah dipermasalahkan. Yang mulanya tidak tahu sama sekali, akan kita ajarkan. Jika sudah bisa, maka selanjutnya dia yang akan mengajarkan anggota lain," sebut Nunik.

Ia juga menargetkan, ingin merangkul anak-anak kecil dalam bercerita lewat gambarnya. "Karena memberikan pengaruh yang positif lebih baik daripada tidak ada melakukan perubahan apapun," pungkasnya. 

Salah satu karya anggota Komunitas Indonesia's Sketchers Pontianak
Salah satu karya anggota Komunitas Indonesia's Sketchers Pontianak (TRIBUNPONTIANAK/MAUDY GITA UTAMI)

Sepintas, sebagian lukisan yang mereka gambar tampak seperti belum selesai, atau oleh sang empunya memang sengaja tidak diselesaikan. Tetapi ada juga sketsa yang mewarnai lukisan mereka, biasanya dengan menggunakan cat air.  

"Kita biasanya dua minggu sekali itu ngadain gathering. Untuk sharing, belajar bareng, sampai ngebahas dan ngerencanain mau live sketching di mana," kata Nunik Hasriyanti, ketua komunitas IS.

Aston Pontianak Hotel & Convention Center, Hotel Bintang 4 di Jantung Kota Pontianak

Biasanya, mereka juga memilih tempat-tempat yang eksotis di  Pontianak untuk melakukan sketsa langsung atau live sketching. Live sketching dikatakannya adalag sebuah proses di mana para sketser 'menangkap' pemandangan di depan mereka ke kertas sketsa mereka.  Ini juga termasuk dalam manifesto atau aturan pembuatan sketsa yang diberlakukan di IS. 

Setelah menangkap gambar yang ingin disketsa, mereka juga akan memberikan keterangan singkat situasi, kondisi, tempat, waktu dan teknik atas sketsa yang dibuat dan ditautkan di medsos Indonesia's Sketchers. 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved