Mulai Alami Kerusakan, Gedung Replika Tugu Khatulistiwa Bersiap Pemugaran

Dalam upaya meningkatkan kualitas dari lokasi tugu Khatulistiwa, pemerintah bersiap melakukan renovasi gedung replika tugu Khatulistiwa.

Mulai Alami Kerusakan, Gedung Replika Tugu Khatulistiwa Bersiap Pemugaran
TRIBUNNEWSWIKI/ Ni Made Gunarsih
Kisnawir saat menjelaskan mengenai tugu Khatulistiwa kepada wartawan tribun 

TRIBUNNEWSWIKI.COM,PONTIANAK - Sebagai sebuah tempat wisata yang banyak dikunjungi dan berusia cukup tua, Tugu Khatulistiwa bersiap melakukan pemugaran.

Tugu Khatulistiwa  merupakan sumber informasi dan merupakan satu diantara destinasi wisata edukasi yang terus di kembangkan oleh pemerintah kota Pontianak khususnya Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Pontianak selaku pengelola.

Dalam upaya meningkatkan kualitas dari lokasi tugu Khatulistiwa, pemerintah bersiap melakukan renovasi gedung replika tugu Khatulistiwa. 

Seperti yang dipaparkan oleh Kisnawir selaku staf Disporapar bidang promosi dan pengelolaan pariwisata kota Pontianak.

"Tahun ini (2020) rencananya bakal direnovasi, sudah di ajukan dari 2019 lalu tapi sudah lewat dari waktu pengajuan jadi rencana terealisasi tahun ini" ungkap Kisnawir. 

Lebih lanjut diungkapkan bahwa hal ini terkait dengan kondisi bangun replika tugu saat ini yang sudah mulai retak di beberapa bagian dinding.

Tugu Khatulistiwa Pontianak

"Keramik lantai juga sudah mulai pecah serta atap gedung yang bocor dan merembeskan air ketika hujan" ungkapnya saat wawancarai oleh Tribun.

Kisnawir juga mengatakan belum ada tanggal dan waktu pasti kapan proses pemugaran akan dimulai, tetapi pasti pada 2020 akan dilakukan perbaikan. 

"Ini juga merupakan tanggung jawab kami sebagai pihak pengelola Tugu untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung" Ungkapnya.

Menginggat tingginya jumlah wisatawan yang berkunjung terutama pada bulan Kulminasi yang terjadi 2 kali dalam setahun pada 21-23 Maret dan 21-23 September.

Ikuti kami di
Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved