Pelabuhan Senghie Tetap Eksis dan Masih Jadi Pilihan

"Kalo dilihat dari segi ekonomi sebenarnya pemasukan dari kapal yang bersandar tidak terlalu besar tetapi secara sosial masih sangat berpengaruh

Pelabuhan Senghie Tetap Eksis dan Masih Jadi Pilihan
TRIBUNNEWSWIKI/NI MADE GUNARSIH
Proses bongkar muat barang di dermaga Pelabuhan Senghie kota Pontianak 

TRIBUNNEWSWIKI.COM,PONTIANAK- Pelabuhan Senghie sebagai pelabuhan tertua di Kalimantan Barat tetap eksis dan masih aktif sebagai pusat bongkar muat barang. 

Pelabuhan Senghie berlokasi di jalan Sultan Muhammad Benua Laut, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak dengan luas 1.800 meter persegi.

Syarif Usmulyono selaku Kabid ASP (Angkutan Sungai dan Pelabuhan) Kota Pontianak mengatakan bahwa selain fungsi ekonomi pelabuhan Senghie tetap eksis karena fungsi sosial. 

"Kalo dilihat dari segi ekonomi sebenarnya pemasukan dari kapal yang bersandar tidak terlalu besar tetapi secara sosial masih sangat berpengaruh teruntuk wilayah pedalaman" ungkapnya. 

Sy. Usmulyono (Kabid ASP Dishub kota Pontianak) memberikan keterangan mengenai Pelabuhan Senghie
Sy. Usmulyono (Kabid ASP Dishub kota Pontianak) memberikan keterangan mengenai Pelabuhan Senghie (TRIBUNNEWSWIKI/NI MADE GUNARSIH)

Lebih lanjut dikatakan bahwa saat ini pelabuhan masih tetap eksis dan tetap menjadi pilihan dari pengusaha kapal kayu atau kapal vinisi karena dianggap lebih aman serta dekat dengan pusat kota dibanding pelabuhan yang berada di Rasau Jaya. 

Syarif Usmulyono juga mengatakan bahwa pihak pelabuhan hanya menerima kapal kayu atau kapal vinisi dan tidak menerima kapal pesiar untuk menghindari kerusakan akibat benturan antar kapal. 

"Kalo kapal, memang hanya kapal kayu saja. Kapal pesiar tidak kami terima karena takutnya terjadi benturan dan bisa merusak badan kapal pesiar" ungkap pak Syarif Usmulyono. 

Pelabuhan Senghie

Penampakan dermaga pelabhunan senghie saat sibuknya
Penampakan dermaga pelabhunan senghie saat sibuknya (TRIBUNNEWSWIKI/NI MADE GUNARSIH)

Untuk rute kapal yang bersandar ke pelabuhan Senghie ini dibagi menjadi dua yaitu wilayah pedalaman Kalimantan yaitu Ketapang serta sekitarnya dan untuk kapal yang menuju kelaut seperti Batam serta sekitarnya. 

Daya tampung Pelabuhan Senghie perhari berkisar 5 hingga 10 kapal vinisi walaupun terkadang kapal harus mengantri menginggat keterbatasan luas dermaga.

Ikuti kami di
Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved