Pelabuhan Senghie

Pelabuhan Senghie juga terbilang aman dan dekat dengan pusat kota sehingga biaya pengangkutan menuju pelabuhan lebih murah dibandingkan dengan

Pelabuhan Senghie
TRIBUNNEWSWIKI/NI MADE GUNARSIH
Terlihat kapal vinisi atau kapal kayu bersandar di dermaga pelabuhan Senghie 

TRIBUNNEWSWIKI.COM, PONTIANAK - Pelabuhan Senghie merupakan pelabuhan tertua di Kota Pontianak.

Pelabuhan yang menjadi dermaga dan tempat bersandarnya kapal angkutan barang ini memiliki sejarah yang cukup panjang dan tetap eksis. 

Pelabuhan Senghie berlokasi di jalan Sultan Muhammad Benua Laut, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak dengan luas 1.800 meter persegi.

Museum Kalimantan Barat

Sejarah

Dikutip dari artikel Tribun Pontianak tahun 2017  pelabuhan Senghie merupakan dermaga milik seorang pengusaha China bermana Theng Seng Hie.

Dermaga ini didirikan sebagai upaya menunjang aktivitas perdagangannya. 

Theng Seng Hie sendiri dikenal sebagai seorang pengusaha sukses pada masa itu. 

Tingginya minat masyarakat dan pengusaha lain memanfaatkan pelabuhan Senghie membuat dermaga itu semakin berkembang dan menjadi pusat perdagangan dan niaga. 

Pada artikel tribun 2017 juga mengatakan bahwa pada 1930 pelabuhan Senghie di ambil alih oleh pemerintah kolonial Belanda dan menyebabkan kemunduran bagi usaha Theng Seng Hie

Lokasi yang terbilang strategis  berdekatan dengan selat Malaka dan Laut Cina Selatan sehingga membuat pelabuhan Senghie semakim ramai. 

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved