Arboretum Sylva, Hutan Kalimantan di Tengah Bisingnya Perkotaan untuk Nikmati Udara Segar

Arboretum Sylva menjadi satu diantara ruang terbuka hijau yang berperan penting menyumbang oksigen (O2) bagi lingkungan di kota Pontianak.

Arboretum Sylva, Hutan Kalimantan di Tengah Bisingnya Perkotaan untuk Nikmati Udara Segar
TRIBUNPONTIANAK/Ni Made Gunarsih
Plang Depan Arboretum Sylva Indonesia PC UNTAN Pontianak 

TRIBUNNEWSWIKI.COM,PONTIANAK - Ingin menikmati udara segar hutan tapi tak memeiliki waktu untuk liburan apalagi mendaki gunung, Arboretum Sylva bisa jadi pilihan.

Arboretum Sylva Indonesia PC Untan yang terdapat dikota Pontianak bisa menjadi pilihan yang mudah dan hemat.

Dikatakan mudah dan hemat karena terdapat di tengah kota Pontianak dan sangat mudah di jangkau menggunakan kendaraan baik roda 2 ke atas.

Taman ini terletak di Jalan Achmad Yani Pontianak yang terdapat di samping kiri gerbang UNTAN yang berhadapan dengan Tugu Digulis atau mengadap tugu bambu kuning.    

Kawasan hutan buatan milik Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak ini sudah ada sejak 1990 di lahan seluas 3,2 hektare yang masuk dalam kawasan Fakultas Pertanian tetapi dikelola oleh mahasiswa fakultas Kehutanan.

Hutan buatan ini dapat dikatakan sebagai perwakilan dari hutan yang ada di kepulauan Kalimantan karena terdapat berbagai pohon dan tanaman khas Kalimantan yang tumbuh subuh di lahan yang di bagi menjadi 24 blok.

Sebanyak 24 blok yang di urut menggunakan abjad dari A sampai T ini memiliki sekitar 214 jenis pohon yang didapat dari sumbangan mahasiswa berupa bibit cabut maupun benih. 

Saat masuk kita akan di sambut dengan gerbang setinggi lebih dari 2 meter yang bertulis “Welcome to the Jungle” dan suasana alam yang menyejukkan.

gerbang depan arboretum sylva Indonesia PC UNTAN Pontianak
gerbang depan arboretum sylva Indonesia PC UNTAN Pontianak (TRIBUNPONTIANAK/Ni Made Gunarsih)

Dari gerbang kayu penuh ukiran itu kita dapat melihat sebuah camp yang cukup besar 2 lantai berbahan kayu dengan warna dominan merah dan hitam sebagai tempat berkumpul dan papan informasi.

Camp depan yang bertuliskan Cappa Sylva biasanya menjadi tempat berkumpul mahasiswa maupun orang umum yang berkunjung untuk berbincang ria dan mendapatkan informasi mengenai Arboretum.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Nur Afitria Cika Handayani
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved