Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak

25 Tokoh besar dan Saudagar kalimantan Barat mendirikan Universitas Tanjungpura yang merupakan univeristas pertama di Kalimantan Barat

TRIBUNPONTIANAK/Destriadi Yunas Jumasani
7 in 1 gedung terbaru milik Untan 

TRIBUNNEWSWIKI.COM,PONTIANAK - Kata "Untan" bukanlah sebuah kata yang asing bagi masyarakat kalimantan Barat khususnya kota Pontianak.

Namun, masih banyak yang tidak tahu bagaimana Kampus yang masuk jajaran Universitas terbesar di Indonesia ini terbentuk dan hingga menjadi sebesar ini.

Universitas Tanjungpura awalnya bernama Universitas Daya Nasional yang didirikan oleh 25 orang tokoh terdiri dari pemimpin Kalbar maupun para saudagar. 

Universitas Daya Nasional berdiri pada 1958 berdasarkan hasil rapat yang dilakukan para pendiri di rumah Edhhy Kresno, Jalan Sulawesi nomor 13.

Dalam rapat yang berlangsung selama 2 jam tersebut pula tercetus nama Universitas Daya Nasional yang dilontarkan oleh Raden Wariban karena dianggap mewakili semangat untuk membentuk masyarakat lebih baik.

Foto gedung perkuliahan pertama untan dari Buku sejarah Universitas Tanjungpura
Foto gedung perkuliahan pertama untan dari Buku sejarah Universitas Tanjungpura (TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA)

Awalnya ada 2 nama lain yang diajukan yaitu Universitas Haji Rais dan Universitas Gusti Sulung Lelanang yang merupakan tokoh perintis kemerdekaan.

Arti dari Daya Nasional sendiri adalah sebagai kekuatan nasional yang dimaksudkan bahwa Perguruan Tinggi yang hidup dan berkembang dalam pangkuan masyarakat dengan kata daya memiliki arti kekuatan (power).

Universitas Daya Nasional yang didirikan oleh yayasan Perguruan Tinggi Daya Nasional dengan status "terdaftar", berubah status menjadi negeri yang diikuti dengan perubahan nama menjadi Universitas Negeri Pontianak (UNEP).

Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor. 278/tahun 1965, tertanggal 14 September 1965 Universitas Negeri Pontianak berubah merubah Univeristas Negeri Pontianak (UNEP) menjadi Universitas Dwikora mengikuti perkembangan politik yang terjadi di Indonesia saat itu.

Setelah 2 tahun menggunakan nama Universitas Dwikora, pada tahun 1967 melalui surat keputusan Presiden Republik Indonesia No. 171 nama Universitas Tanjungpura atau biasa di singkat dengan menjdai UNTAN.

Lokasi 

Lokasi Universitas Tanjungpura sangat strategis karena berada di pusat kota Pontianak serta terdapat berbagai tempat rekreasi seperti taman Untan dan Arboretum Sylva Untan

Lokal gedung Universitas Tanjungpura saat ini di Jalan Prof Dr H Hadadi Nawawi, Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Tepatnya berlokasi di lahan tengah kota dengan luas 453,17 kilometer persegi dengan 9 Fakultas dan 97 Program Studi ternyata bukanlah gedung pertama dari Untan.

Gedung perkuliahan pertama Untan merupakan sebuah ruko 2 lantai milik yayasan Fong Pak Fu Tang yang diberikan kepada pihak yayasan Daya Nasional dengan 45 buah kursi hasil sumbangan Ismail Hamzah satu diantara pendiri Untan yang kemudian digunakan sebagai Gedung bank Dagang Negara cabang Pontianak  dan saat ini dikenal dengan nama bank Syariah mandiri. 

Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura Pontianak Sebelum Renovasi
Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura Pontianak Sebelum Renovasi (TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA)

Penggunaan gedung ini karena kebutuhan dari Universitas mengenai lokal perkuliahan tetap dan hal itu dipahami oleh pihak yayasan Fong Pak Fu Yang.

Meski pemberian gedung bersifat sukarela, pihak yayasan Daya Nasional memberikan pergantian sebesar Rp 8 juta untuk menghidari hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Modal awal terbentuknya Universitas Daya Nasional sendiri sebenarnya hanyalah Rp 100 ribu yang didapatkan dari sumbangan 3 pendiri Untan.

Adapun Fakultas Pertama yang ada di Untan adalah Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga atau saat ini di kenal dengan nama Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Pengurus 

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved